Berita

Hebat! Ngeri-Ngeri Sedap Siap Mewakili Indonesia di Oscar 2023

Jumat, 23 September 2022 - 22:36
Hebat! Ngeri-Ngeri Sedap Siap Mewakili Indonesia di Oscar 2023 Poster resmi film Ngeri-Ngeri Sedap (FOTO: Imdb.com)

TIMES JAYAPURA, JAKARTAFilm Ngeri-Ngeri Sedap terpilih menjadi utusan Indonesia untuk maju dalam perebutan Piala Oscar 2023 atau Academy Awards yang ke-95. Ajang ini akan digelar pada 12 Maret 2023 mendatang.

Film Ngeri-Ngeri Sedap besutan Bene Dion Rajagukguk ini akan berjejeran dengan film-film dari negara lain pada kategori Film Fitur International Terbaik (Best International Feature Film). Keputusan memilih Film Ngeri-Ngeri Sedap ini ditentukan oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia pada 12 September lalu.

Komite yang diketuai oleh Deddy Mizwar ini, beranggotakan tokoh senior perfilman Indonesia, Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Untuk menentukan film terpilih yang akan masuk dalam Oscar, komite mengadakan pemutaran khusus film-film terpilih di Studio XXI di Plaza Senayan pada Senin, 12 September, dari pagi hingga petang. Dilanjutkan dengan diskusi oleh dewan juri. 

Komite mengatakan hanya Garin Nugroho dan Yadi Sugandi yang tidak hadir dalam diskusi tersebut. Sementara itu, tujuh dari sembilan anggota komite dengan suara bulat memutuskan bahwa Ngeri-Ngeri Sedap akan masuk ke Oscar 2023.

film-Ngeri-Ngeri-Sedap-2.jpgIlustrasi adegan film Ngeri-Ngeri Sedap (FOTO: Imdb.com)

Penilaian dilakukan dengan ketat sesuai persyaratan dan berbagai pertimbangan untuk sebuah film bisa mengikuti Piala Oscar. Komite bekerja selama kurun waktu satu bulan, termasuk dalam penetapan film pilihan Komite

"Inilah usaha maksimal yang dihasilkan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita mendoakan bersama semoga tahun ini film itu bisa berjaya di ajang Oscar," tutur Deddy.

Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 mengatakan Ngeri-Ngeri Sedap merupakan film Indonesia kedua yang masuk Oscar dengan genre komedi setelah Nagabonar (1986).

Ajang Piala Oscar ini merupakan kesempatan bagi film-film non-Hollywood untuk menunjukkan kehebatannya. Seperti yang kita ketahui, nominasi Oscar biasa didominasi oleh film-film Hollywood setiap tahunnya.

Setelah Indonesia, diketahui beberapa negara telah memutuskan film yang akan mengikuti nominasi yang sama dengan film Ngeri-Ngeri Sedap. Diantaranya, India dengan film The Last Film, Jepang dengan film Plan 75, Korea Selatan dengan film Decision to Leave dan negara lainnya.

Film Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri-Ngeri Sedap adalah film kedua yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagkuk dengan berlatar keluarga Batak dan hasil iadaptasi dari novel berjudul sama. Dia sebelumnya menyutradarai Ghost Writer (2019) dan menulis skenario Suzanna: Bernapas dalam Kubur (2018).

Film ini juga menjadi debut Imajinari Production House yang didirikan oleh Ernest Prakasa bersama Dipa Andika. Imajinari telah bermitra dengan Kathanika Studio untuk memproduksi Ngeri-Ngeri Sedap.

Sesuai dengan tema, film ini didominasi oleh aktor berdarah Batak. Seperti Arswendy Beningswara Nasution dan Tika Pangabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-Butar, Lolox dan Indra Jegel turut meramaikan para pemeran film tersebut.

Sampai saat ini, Ngeri-Ngeri Sedap tercatat sebagai penerima nominasi Festival Film Bandung. Dalam FFB 2022, film yang mendapatkan banyak tanggapan positif ini meraih lima nominasi, termasuk Film Bioskop Terpuji.

Selain itu, Ngeri-Ngeri Sedap telah mengumpulkan lebih dari 2,8 juta penonton, menjadikannya film terlaris ketiga tahun ini. Kini, Ngeri-Ngeri Sedap bisa ditonton di Netflix pada 6 Oktober 2022 mendatang. (*)

Pewarta : Kurnia Amalia Ilmi (MG-425)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jayapura just now

Welcome to TIMES Jayapura

TIMES Jayapura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.