Berita

Sekjen Kementerian PUPR RI: Buat Rencana Program Tahun 2022 Lebih Realistis

Selasa, 15 Juni 2021 - 19:19
Sekjen Kementerian PUPR RI: Buat Rencana Program Tahun 2022 Lebih Realistis Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah saat memberikan sambutan pada acara Midterm Review Pelaksanaan Anggaran TA 2021 dan Penyiapan Program Sekretariat Jenderal TA 2022, di Jakarta, Selasa (15/6/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian)

TIMES JAYAPURA, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) melalui Sekretariat Jenderal (Setjen) melakukan evaluasi enam bulan pelaksanaan anggaran Setjen tahun 2021 dan mematangkan program Setjen tahun 2022.

Dukungan manajemen dari program-program Sekretariat Jenderal menjadi bagian penting dari pembangunan infrastruktur PUPR agar pelaksanaannya tepat mutu, tepat waktu, dan tepat administrasi sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.

“Midterm review ini adalah kesempatan yang baik untuk melihat kembali apa yang sudah dilakukan, apa yang akan dilakukan, dan apa yang mungkin tidak dapat kita lakukan terkait dengan dinamika situasi yang sedang kita hadapi saat ini,” kata Sekjen Kementerian PUPR RI Mohammad Zainal Fatah saat memberikan sambutan pada acara Midterm Review Pelaksanaan Anggaran TA 2021 dan Penyiapan Program Sekretariat Jenderal TA 2022, di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Mohammad Zainal Fatah c

Evaluasi enam bulan pelaksanaan anggaran TA 2021 diharapkan menghasilkan penajaman terhadap potensi anggaran tidak terserap dan kebutuhan di luar alokasi sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan anggaran serta penyesuaian terhadap kondisi yang dihadapi. Setjen Kementerian PUPR RIakan meninjau kembali  program TA 2021 dan segera merevisi program yang perlu diperbaiki sesuai dengan skenario dan review yang telah diarahkan oleh Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono.

Selain pelaksanaan anggaran, pending matter pelaksanaan kegiatan TA 2021 juga meliputi pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Setjen Kementerian PUPR mendorong sistem tata kelola yang lebih berdaya guna sehingga tugas-tugas yang dilakukan secara manual akan dapat ditransformasikan sesuai dengan roadmap transformasi digital yang sedang dijalankan.

“Langkah simple yang sering saya ingatkan adalah bagaimana kita mewujudkan kerja keras, bagaimana kita melakukan gerak cepat, dan bagaimana kita melakukan kerja-kerja yang tepat,” ujar Sekjen Fatah.

Pada TA 2021, Pagu anggaran Setjen sebesar Rp. 681,49 miliar. Tercatat sebagaimana terekam dalam sistem e-monitoring Kementerian PUPR pada status 14 Juni 2021 Pukul 16.00 WIB, realisasi keuangan Setjen sebesar Rp 202,76 miliar atau 29,75% dari pagu anggaran Setjen tahun 2021, dengan capaian fisik 30,00%. Selanjutnya Pagu Indikatif Setjen sebesar Rp 641,77 miliar atau sebesar 0,64% dari Pagu Indikatif Kementerian PUPR RI TA 2022 sebesar Rp. 100,46 triliun.

Kegiatan Midterm Review Setjen Kementerian PUPR RI dilaksanakan selama dua hari Selasa-Rabu (15-16/6/2021) dengan mengundang narasumber dari Kementerian PAN RB, Bappenas, dan Kementerian Keuangan. Turut hadir dalam acara Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Koordinator, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha, dan Sub Koordinator di lingkungan Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR.  (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jayapura just now

Welcome to TIMES Jayapura

TIMES Jayapura is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.